Sering Diderita Anak, Ini Perbedaan Sakit Tenggorokan dan Radang Tenggorokan

Rizki Adis Abeba | 30 Januari 2019 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Radang tenggorokan menjadi penyakit yang paling sering dialami anak-anak. Tiap hari, ada saja anak yang dibawa ke klinik karena penyakit ini. 

“Di klinik saya, saya menemui pasien dengan kemungkinan sakit radang tenggorokan hampir setiap hari,” kata dr. Natasha Burgent, M.D., FAAP, dokter anak dari Universitas Nebraska Medical Center yang kini berpraktik di Kansas City, Amerika Serikat.

Radang tenggorokan adalah infeksi yang umum terjadi pada anak-anak usia sekolah dan bisa disembuhkan. Namun Natasha Burgent menilai masih banyak orang yang salah paham terhadap radang tenggorokan sehingga penanganannya pun tidak tepat. “Kebanyakan sakit tenggorokan bukan radang tenggorokan,” Natasha Burgent mengingatkan.

Menurut Natasha Burgent, ketika anak mengeluh tenggorokannya sakit, banyak orang tua langsung menyimpulkan bahwa anak terkena radang tenggorokan. Padahal, ketika anak mengalami sakit tenggorokan, kemungkinan bahwa hal itu disebabkan oleh bakteri streptococcus yang menjadi penyebab radang hanyalah 30 persen.

“Sebagian besar sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi virus yang berkaitan dengan gejala seperti pilek, batuk, dan mata berair. Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh virus akan hilang dalam waktu dua hingga tiga-hari tanpa pengobatan apa pun,” jelas Natasha Burgent.

(riz/bin)

Penulis : Rizki Adis Abeba
Editor: Rizki Adis Abeba
Berita Terkait